Friday, January 3, 2014

jaringan otot



Terdiri dari sel-sel otot yang bentuknya panjang dunyai serabutan ramping. Tiap-tiap sel otot mempunyai serabut otot dan beberapa otot ini dikumpulkan menjadi sebuah alat tubuh yang disebut otot (daging). Stuktur jaringan yang dikhususkan untuk melakukan gerakan baik oleh badan secara keseluruhan maupun berbagai bagian tubuh. Jarinagn otot, sel-sel serat otot yang tergabung dalam berkas, untuk melakukan kerjanya memerlukan makanan dan oksign dari kapiler darah. Jaringan Ikat Fibrosa mengikat serat-serat otot menjadi satu sebagai pembungkus dan pelindung sehingga tarikan berlangsung efektif.
            Seperlima bagian dari otot dapat meperpanjang dan meperpendek bentuknya (menguncup) dengan kata lain dapat berkontraksi. Bentuk dan fungsi otot, terdiri dari :
1.      Otot serat lintang / otot lurik. Terdiri dari sel-sel otot yang di dalamnya menyerupai garis-garis melintang, warnanya merah tua, dan dapat berkontraksi menurut kemuan kita (termasuk otot sadar) terdapat hamper di seluruh badan atau menjadi dinding badan.
2.      Otot polos. Terdiri dari sel otot yang berbentuklicin, tidak mempunyai garis lintang, ia dapat berkontraksi (menguncup dan mengembang), tidak menurut kemauan kita (otot tak sadar), misalnya terdapat pada dinding saluran pencernaan, dinding pembuluh darah, dan saluran alat kandungan.
3.      Otot jantung. Bentunya serat lintang tetapi berkontraksi tidak di bawah pengaruh kemauan kita (fungsinya seperti otot polos). Tiap-tiap otot mempunyai empal dan pada kedua ujungnya terdapat urat otot yang warnanya putih. Kalau otot menguncup (berkontraksi) maka empal menjadi pendek dan gemuk dan apabila otot mengendur empal kembali seperti semula.

Kalau otot bekerja keras, lama-kelamaan sel otot menjadi besar (hipertrofi) dan kalau otot tidak dipergunakan maka ia akan mengecil (atrofi). Fungsi umum otot sebagai alat penggerak tubuh, termasuk anggota tubuh, termasuk anggota badan, usus, paru-paru dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment