Friday, January 3, 2014

artikulasi



Hubungan Antara Tulang dan Tulang disebut Artikulasi. Agar    artikulasi 
 Tersebut dapat bergerak,diperlukan struktur khusus yang dinamakan dengan sendi. Sendi dibentuk dari kartilago yang berada di daerah sendi. Di dalam  
                  sistem rangka manusia,terdapat 3 jenis hubungan antar tulang,yaitu :
a.       Sinartrosis,
Yaitu,sendi yang tidak dapat digerakkan. Lebih spesifiknya hubungan antar tulang ini dihubungkan dengan erat oleh jaringan ikat yang kemudian menulang sehingga sama sekali tidak bisa digerakkan. Ada 2 tipe sinartrosis,yaitu : Suture (hubungan antar tulang yang dihubungkan dengan jaringan ikat serabut ikat padat,contoh:tulang tengkorak),dan Sinkondrosis (hubungan antar tulang yang dihubungkan oleh kartilago hialin,contoh: hubungan antara epifisis dan diafisis pada tulang dewasa)
b.      Amfiartrosis,
Adalah sendi yang dihubungkan oleh kartilago sehingga memungkinkan untuk sedikit digerakkan. Amfiartrosis dibagi menjadi 2,yaitu Simfisis (sendi dihubungkan oleh kartilago serabut yang pipih,contoh : sendi antar tulang belakang dan tulang kemaluan),dan Sindesmosis (Sendi dihubungkan oleh jaringan ikat serabut dan ligamen,contoh: sendi antar tulang betis dan tulang kering.)
c.       Diartrosis
Adalah hubungan antar tulang yang kedua ujungnya tidak dihubungkan oleh jaringan sehingga tulang dapat digerakkan. Hubungan antar tulan diartrosis ini sering juga disebut sendi. Contoh hubungan antar tulang yang bersifat diartrosis adalah sebagai berikut:
                                                              i.      Sendi engsel
                                                            ii.      Sendi pelana
                                                          iii.      Sendi putar

No comments:

Post a Comment